Inilah yang Harus Diperhatikan saat Membeli Motor Bekas

Membeli motor bekas bisa menjadi alternatif yang menarik untuk memperoleh kendaraan dengan harga lebih terjangkau. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar Anda tidak kecewa di kemudian hari.

1. Riset Kendaraan

Sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas, lakukanlah riset terlebih dahulu mengenai merek, model, dan tahun produksi motor yang Anda minati. Cari tahu harga pasar motor tersebut dengan mencari referensi di berbagai situs jual beli online atau bertanya pada teman yang memiliki pengalaman dalam membeli motor bekas.

2. Cek Kelengkapan Dokumen

Pastikan bahwa semua dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, faktur pembelian, dan surat-surat lainnya lengkap dan sesuai dengan motor yang akan Anda beli. Jangan mudah terkecoh dengan penjual yang hanya memberikan fotokopi dokumen kendaraan saja.

3. Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Periksa nomor rangka dan nomor mesin pada motor yang akan Anda beli dengan rabaan tangan. Pastikan bahwa angka-angka pada nomor rangka dan nomor mesin tercetak dengan jelas dan tidak terasa kasar. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa nomor rangka atau nomor mesin telah diganti.

4. Cek Kondisi Mesin

Kondisi mesin adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat membeli motor bekas. Periksa kondisi mesin dengan melakukan tes jalan atau meminta bantuan mekanik terpercaya untuk memeriksa mesin motor tersebut. Pastikan bahwa mesin bekerja dengan baik dan tidak ada suara aneh saat motor dinyalakan.

5. Cek Kondisi Fisik dan Bodi

Periksa kondisi fisik dan bodi motor secara keseluruhan. Jangan hanya melihat dari luar saja, tapi juga periksa bagian dalam seperti kabel-kabel, sistem kelistrikan, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa motor tidak pernah mengalami kecelakaan atau kerusakan serius.

Memperoleh motor bekas yang berkualitas tidaklah mudah, namun dengan memperhatikan beberapa hal penting di atas, Anda bisa meminimalisir risiko mendapatkan motor bekas yang buruk. Jangan lupa pula untuk membeli motor bekas dari penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi baik agar transaksi yang dilakukan aman dan tidak mengecewakan.

Tags :
Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel