Buah mangga Manis enak kaya nutrisi dan banyak akan manfaat

 

Buah mangga adalah buah yang berasal dari pohon mangga (Mangifera indica). Buah ini memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang bervariasi tergantung jenisnya. Namun, kebanyakan mangga memiliki kulit yang keras dan leathery serta daging buah yang manis dan berair.

Buah mangga memiliki banyak nutrisi dan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin C pada mangga sangat tinggi, selain itu juga mengandung vitamin A, vitamin B6, folat, kalium, dan serat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah mangga juga mengandung antioksidan seperti karoten dan flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan penyakit degeneratif.

Selain dikonsumsi sebagai buah segar, mangga juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman seperti es buah mangga, jus mangga, bubur mangga, keripik mangga, dan masih banyak lagi. Buah mangga juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat produk kecantikan seperti sabun, scrub, masker, dan lotion karena kandungan vitamin dan antioksidannya yang tinggi.

Berikut kandungan nutrisi Buah mangga beserta manfaatnya:
  1. Vitamin C: Buah mangga mengandung banyak sekali vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Vitamin A: Mangga kaya akan vitamin A, yang berperan dalam menjaga kesehatan mata, kulit dan sistem reproduksi.
  3. Serat: Buah mangga mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan membantu mengendalikan kadar gula darah.
  4. Karotenoid: Mangga juga mengandung karotenoid, yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kesehatan jantung.
  5. Kalium: Mangga mengandung kalium, yang membersihkan ginjal dan mengatur tekanan darah.
  6. Vitamin E: Mangga mengandung vitamin E, baik untuk kulit dan kesehatan jantung.
  7. Asam folat: Mangga menyediakan asam folat yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayi yang sedang berkembang.
  8. Magnesium: Buah ini juga kaya akan magnesium, yang membantu memelihara tulang, menjaga kesehatan jantung, dan membantu mengontrol tekanan darah.
Terdapat juga berbagai jenis buah mangga, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mangga Arumanis
Mangga Arumanis memiliki rasa yang manis, legit, namun tidak terlalu berasa asam. Kulitnya halus dengan warna yang merah muda sampai kuning keemasan. Buah ini termasuk salah satu jenis buah mangga yang paling banyak diminati di Indonesia.

2. Mangga Harum Manis
Mangga Harum Manis memiliki rasa yang manis dengan tekstur daging buah yang lembut. Kulitnya licin, tipis, dan berwarna hijau kekuningan. Buah ini juga cukup populer di Indonesia.

3. Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu memiliki daging buah yang berwarna jingga terang dengan rasa manis dan sedikit asam. Kulitnya cukup tebal dan warnanya merah marun. Buah ini dapat juga diolah menjadi manisan atau dodol mangga.

4. Mangga Alpukat
Mangga Alpukat memiliki tekstur daging buah yang tebal dan lembut seperti alpukat. Rasa buah ini manis dan sedikit asam. Buah ini termasuk salah satu jenis buah mangga yang paling besar dengan berat rata-rata mencapai 1,5 kg.

5. Mangga Kweni
Mangga Kweni memiliki ukuran kecil dengan rasa manis dan asam yang seimbang. Kulitnya tipis, halus, dan berwarna hijau kekuningan. Buah ini sering digunakan sebagai pilihan untuk pembuatan jus atau minuman segar.

6. Mangga Manalagi
Mangga Manalagi memiliki daging buah berwarna oranye dengan rasa manis dan asam yang seimbang. Kulitnya relatif tipis dan berwarna hijau kekuningan. Buah ini juga cukup populer di Indonesia dan sering dijual di pasar-pasar tradisional.

Tentunya masih banyak lagi jenis-jenis buah mangga. sebab tiap daerah di indonesia memberikan penamaan berbeda-beda dengan jenis buah mangganya.

Tags :
Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel