Mengenal lebih jauh Flu Singapura yang cirinya mirip cacar air

 


Flu Singapura atau disebut juga sebagai flu B adalah jenis infeksi virus influenza yang pertama kali ditemukan di Singapura pada tahun 1987. Flu Singapura memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa, seperti demam, sakit kepala, batuk, dan nyeri otot.

Virus flu Singapura menyebar melalui udara dan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Pasien yang terinfeksi flu Singapura dapat sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu dan biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, pada beberapa orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau terdapat penyakit penyerta, flu Singapura dapat menjadi lebih serius dan memerlukan perawatan medis.

Untuk mencegah penyebaran virus flu Singapura, disarankan untuk menjaga kebersihan tangan, menghindari kerumunan, selalu menggunakan masker saat batuk atau bersin, dan menghindari kontak dengan orang yang sedang mengalami flu singapura.





Beberapa gejala yang mungkin dialami seseorang yang terkena flu singapura:

  1. Demam tinggi (>38 derajat Celsius) biasanya sampai 2 hari
  2. Pusing sakit kepala
  3. Nyeri otot dan sendi seperti orang habis kerja berat serasa badan capek terasa nyeri seluruh badan
  4. Sakit tenggorokan
  5. Batuk kering
  6. Pilek
  7. muncul bintik merah seperti orang cacar air di kulit telapak tangan, telapak kaki, kaki dan tangan sedangkan dada dan punggung tidak terkena meskipun tidak semua orang bedampak sampai ketahapan ini
  8. sariawan dimulut ataupun di lidah bahkan bisa seluruh area dalam mulut sampai kelidah

Beberapa tips untuk penanganan orang yang terkena flu singapura adalah:

  1. Istirahat yang cukup: Memastikan orang tersebut memiliki waktu istirahat yang cukup untuk memperkuat sistem imun tubuh mereka.
  2. Minum banyak cairan: Orang yang terkena flu singapura harus tetap dihidrasi dengan minum banyak cairan seperti air putih, teh hangat, dan jus.
  3. Obat pereda gejala: Obat seperti parasetamol atau ibuprofen dapat membantu meredakan gejala seperti demam dan sakit kepala.
  4. Makan makanan bergizi: Makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh dan mempercepat pemulihan dari flu singapura.
  5. Menjaga jarak dari orang lain: Orang yang terkena flu singapura harus diisolasi dari orang lain untuk mencegah penyebaran virus.
  6. Banyak istirahat: Orang yang terkena flu singapura harus banyak istirahat untuk membantu sistem imun tubuh mereka memerangi infeksi.
  7. Pencegahan: Pastikan untuk mencuci tangan secara teratur dan menghindari kontak dengan orang yang sakit untuk mencegah penyebaran flu singapura.

Tags :
Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel