liburan ke Grojogan Sewu saja tempatnya indah berlokasi di tawangmangu Kabupaten Karanganyar

Selamat datang di Tawangmangu, salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah! Di sini ada banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, namun kali ini kita akan membahas salah satu yang paling populer yaitu Grojogan Sewu. Bagi para penggemar air terjun dan alam indah, Grojogan Sewu tempat yang wajib dikunjungi. Mari kita jelajahi sejarah, letak geografis, fasilitas dan akomodasi dari Grojogan Sewu Tawangmangu secara lebih detail dalam artikel ini!

Grojogan Sewu adalah air terjun yang indah dan spektakuler yang berada di kawasan Tawangmangu, Karanganyar. Nama "Sewu" sendiri dalam bahasa Indonesia artinya "seribu". Mengapa disebut Grojogan Sewu? Karena di sana terdapat banyak pancuran air kecil yang mengalir dari tebing setinggi 80 meter, membuatnya tampak seperti seribu air terjun.

Grojogan Sewu menjadi salah satu objek wisata paling populer di Jawa Tengah karena keindahan alamnya yang menawan. Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan suara gemericik air yang jernih, tempat ini cocok untuk relaksasi sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Tapi bukan hanya itu saja. Grojogan Sewu juga memiliki legenda unik tentang asal-usulnya. Konon katanya, dulunya ada raja bernama Prabu Brawijaya III beserta pasukannya sedang melintasi daerah tersebut ketika mereka merasa haus dan ingin mencari sumber mata air. Akhirnya mereka menemukan mata air besar dengan banyak pancuran kecil seperti ribuan jarum (sewu). Maka lahirlah nama Grojogan Sewu.

Bagi para pecinta fotografi, Grojogan Sewu akan memberikan pengalaman memotret alam yang tak terlupakan. Air terjun ini sangat cantik saat difoto pada pagi hari atau sore hari ketika sinar matahari menyentuh permukaan air sehingga warna-warninya tampak lebih hidup dan kontras.

Sejarah Grojogan Sewu Tawangmangu tidak dapat dipisahkan dari sejarah kota Karanganyar, Jawa Tengah. Pada zaman dahulu, lokasi ini dijadikan sebagai tempat persembunyian para pendekar dari wilayah Mataram ketika sedang berperang melawan Belanda.

Dari sinilah kemudian muncul istilah "Sewu" yang dalam bahasa Jawa artinya ribuan. Hal ini berkaitan dengan banyaknya air terjun kecil yang tersebar di area tersebut sehingga disebutlah Grojogan Sewu atau Air Terjun Ribuan.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini mulai dikenal luas oleh masyarakat sekitar dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit hingga saat ini. Berbagai pengembangan infrastruktur pun dilakukan untuk mempermudah akses bagi para pengunjung, namun tetap menjaga kelestarian alam sekitarnya.

Hari-hari libur nasional juga seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengunjungi Grojogan Sewu Tawangmangu guna menikmati indahnya panorama alam serta kesejukan udara pegunungan. Tak hanya itu, mitos-mitos yang berkembang di sekitarnya pun turut menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Grojogan Sewu terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan berada di ketinggian sekitar 900 mdpl.

Lokasi air terjun yang berada di kaki Gunung Lawu membuat pemandangan dari atas cukup indah. Selain itu, posisi geografis Grojogan Sewu juga dekat dengan Candi Sukuh dan Candi Cetho yang merupakan tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini tidaklah sulit karena sudah tersedia akses jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat. Namun bagi pengunjung yang lebih suka trekking dapat memilih rute pendakian melalui jalur setapak dari arah Puncak Lawu atau Dusun Gondosuli.

Dari keindahan alamnya hingga letak geografisnya yang strategis menjadikan Grojogan Sewu sebagai destinasi wisata favorit di Tawangmangu. Banyak pengunjung lokal maupun mancanegara datang mengunjungi tempat ini untuk melepaskan penat dan menikmati keindahan alam Indonesia.


Tags :
Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel