ayam serama unggas cantik lucu dan imut cocok untuk jadi peliharaan

Ayam serama merupakan jenis ayam asli Malaysia yang dikenal dengan bentuk tubuhnya yang kecil dan cantik. Ayam ini memiliki ukuran 18-25 cm dengan berat sekitar 350 gram hingga maksimal 500 gram saja. Meskipun begitu, jangan salah sangka! Walaupun ayam ini tergolong dalam kategori unggas kecil, tetapi mereka sangat lincah dan aktif.

Dibandingkan dengan ayam ras lainnya, bulu pada ayam serama lebih tebal dan lembut serta mempunyai warna yang bervariasi mulai dari merah, coklat, putih bahkan hitam polos. Selain itu, mereka juga memiliki tampilan fisik yang menawan seperti kepala bulat besar dengan sungut atau jambul di atas kepalanya.

Banyak orang menyukai ayam serama karena selain cantik juga pintar dan mudah dijinakkan sehingga cocok untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan. Meski terkadang harga untuk membeli seekor ayam serama cukup mahal namun bagi para pecinta unggas tentunya akan menjadi sebuah investasi mengingat nilai estetika tinggi dari burung paling imut di dunia ini

Ayam Serama terkenal karena kecantikan tubuhnya yang eksotis dan juga kepribadian yang unik. Selain itu, mereka juga memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, sehingga menjadikannya sebagai salah satu jenis ayam hias paling diminati oleh para pelaku peternakan atau kolektor ayam.

Namun sayangnya, pemeliharaan Ayam Serama tidaklah mudah. Mereka membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu-bulunya. Hal ini tentu saja menjadi faktor utama kenapa harga Ayam Serama bisa mencapai angka yang fantastis.

Selain itu, proses pembudidayaan Ayam Serama sendiri juga membutuhkan waktu dan tenaga ekstra dari para peternaknya. Dalam setiap tahapan perkembangan anak ayam hingga dewasa, dibutuhkan pengawasan ketat agar masa pertumbuhan berjalan dengan baik dan sehat.

Tidak hanya faktor biologis semata, namun faktor lain seperti popularitas ras ayam serama di kalangan pecinta burung serta tingkat permintaan pasar turut memengaruhi harga jual Ayam Serama tersebut.

Meskipun begitu, bagi pencinta burung atau kolektor ayam hias tentunya akan merasa bahwa nilai estetika dan prestise dalam memiliki Ayam Serama sangatlah penting. Oleh karena itu wajar jika harga jual Ayam serema cukup mahal mengingat kesulitan dalam merawat serta jumlah populasi ras ini tidak banyak di Indonesia.

Saat memelihara ayam serama, kebutuhan nutrisi harus menjadi prioritas utama. Salah satu cara untuk memastikan asupan gizi yang seimbang adalah dengan memberikan makanan yang tepat. Berikut ini adalah resep makanan untuk ayam serama:

1. Makanan organik

Ayam serama sebaiknya diberi makanan organik seperti sayuran hijau dan buah-buahan segar. Pastikan sayuran direbus terlebih dahulu agar lembut dan mudah dicerna oleh ayam.

2. Makanan protein

Membuat campuran biji-bijian, jagung, beras merah, atau kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan asupan protein bagi ayam serama Anda.

3. Suplemen tambahan

Anda juga bisa menambahkan suplemen vitamin dan mineral dalam porsi kecil pada makanannya untuk menjaga kesehatannya tetap optimal.

4. Air bersih

Jangan lupa menyediakan air bersih setiap saat untuk menghindari dehidrasi yang bisa berakibat buruk pada sistem pencernaan mereka.

Dengan memberikan makanan seimbang dan berkualitas tinggi serta perawatan yang baik, Ayam Serama Anda akan tumbuh dengan sehat dan kuat!

Tags :
Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel