Candi borobudur sangat luas dan beratnya luar biasa

 

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan menjadi salah satu keajaiban dunia. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia dan diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra. Candi Borobudur memiliki 10 tingkat dan terdiri dari 504 arca Buddha, 2.672 relief dan 72 stupa yang membentuk sebuah piramida. Relief-relief yang terdapat di Borobudur menggambarkan kehidupan Buddha, ajarannya dan ajaran-ajaran filsafat Buddha.

Candi Borobudur juga terkenal dengan berbagai keunikan arsitekturnya, termasuk relief menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat pada masa itu serta unsur-unsur Hindu dan Buddha yang tersusun secara harmonis. Borobudur juga memiliki berbagai makna simbolis, seperti tingkatan yang mewakili proses mencapai kebijaksanaan dan bebas dari keinginan duniawi.

Borobudur masih menjadi tempat ziarah bagi umat Buddha dan juga menjadi tujuan wisata bagi wisatawan dari seluruh dunia yang ingin mengeksplorasi sejarah dan kebudayaan Indonesia. Pada tahun 1991, Candi Borobudur diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia dan menjadi semakin terkenal sebagai ikon Indonesia.

Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Koordinatnya adalah 7°36'41.6"S 110°12'37.1"E.

Ukuran candi Borobudur adalah sebagai berikut:
- Tinggi: 35 meter
- Luas: 123 meter x 123 meter
- Luas bangunan: sekitar 1,6 hektar
- Volume: sekitar 55.000 meter kubik
- Berat: sekitar 55.000 ton.
Tags :
Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel