10 Ciri Fisik Kambing Jawa Sehat yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Kambing Jawa adalah salah satu jenis kambing yang cukup populer di Indonesia. Selain memiliki daging yang lezat, kambing Jawa juga dianggap mudah untuk dipelihara. Namun, sebelum membeli kambing Jawa, Anda harus memperhatikan beberapa hal terutama ciri-ciri fisik dari kambing tersebut untuk memastikan bahwa kambing yang akan dibeli dalam kondisi sehat dan baik. 

Berikut adalah 10 ciri fisik kambing Jawa sehat yang harus diketahui sebelum membeli.

1. Kondisi mata kambing

Mata kambing yang sehat haruslah jernih, tidak berair atau berlendir. Jika mata kambing tampak keruh atau terdapat lendir, bisa jadi kambing tersebut mengalami masalah kesehatan

2. Hidung

Hidung kambing yang sehat haruslah basah dan lembab. Jika hidup kambing terasa kering atau panas, bisa jadi kambing tersebut mengalami dehidrasi atau sakit.

3. Pernapasan

Kambing yang sehat memiliki pernapasan yang normal dan tidak ada suara-suara aneh pada saat bernapas seperti batuk atau sesak napas.

4. Kulit dan bulu

Kulit kambing yang sehat terlihat bersih, bebas dari luka, bintik-bintik merah atau inflamasi. Bulu kambing juga seharusnya terlihat sehat dan bersih serta teratur dan tidak rontok.

kambing jawa sehat

5. Kaki

Kaki kambing yang sehat terlihat kuat, tidak pincang atau terdapat luka dan tidak ada cairan yang keluar dari sela-sela kuku.

6. Gigi

Cek gigi kambing, gigi geraham yang sehat akan terlihat bersih, tajam dan kokoh tanpa cacat atau kerusakan.

7. Kotoran

Kurus atau diare pada kambing dapat menyebabkan kotoran menjadi encer dan berbau tidak sedap. Pastikan kotoran kambing dalam keadaan normal.

8. Berat badan

Berat badan kambing yang sehat haruslah sesuai dengan usianya. Kambing yang terlalu kurus atau gemuk bisa jadi mengalami masalah kesehatan.

9. Punggung

Pastikan bahwa punggung kambing terlihat lurus dan tidak terlihat membungkuk atau melengkung, karena hal ini dapat menandakan masalah kesehatan pada tulang belakang kambing.

10. Telinga

Telinga kambing yang sehat seharusnya lebar dan panjang serta tidak memiliki kerak atau luka-luka yang mencolok.

Itulah 10 ciri fisik kambing Jawa sehat yang harus diketahui sebelum membeli. Penting untuk memastikan kesehatan kambing sebelum membelinya agar dapat memberikan hasil yang maksimal dalam beternak serta mencegah kerugian finansial dan waktu.

Tags :
Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel